-->

Ceramah Islami Penghuni Neraka Jahanam

Andis Ruswandi


Dibawah ini adalah 10 Hadist Tentang Surga dan Neraka yang admin BKB (Betah Karena Butuh) ambil dari berbagai sumber yang insaallah dapat dipercaya diantaranya, HR.Bukhari, HR.Ahmad, HR.Ad-Dailami, Ath-Thabrani, Mutafaq'alaih, HR.Alhakim dan Ahmad, HR.Tirmidzi dan HR.Abu Daud.

Dengan segala rasa hormat admin tentu memohon dengan sangat dimaafkan apabila postingan kali ini ada kesalahan, ataupun salah arti dalam pengambilan hadist mengenai Surga dan Neraka, namun demikian admin tidak berniat untuk menjadikan debat pendapat tentang hadist-hadist berikut, karena tujuan admin adalah mencari barokah dan manfaat bagi saudara pembaca blog "Betah Karena Butuh". sebelum dan sesudahnya admin ucapkan banyak terima kasih.

10 Hadist Tentang Syurga dan Neraka

1. Surga dikelilingi oleh hal-hal yang tidak disukai dan Neraka dikelilingi oleh Syahwat (HR.Bukhari).

2. Aku (Rasulullah SAW) menjenguk ke surga, aku dapati kebanyakan penghuninya orang-orang fakir, miskin dan aku menjenguk ke Neraka, aku dapati kebanyakan penghuninya kaum wanita (HR.Ahmad).

3. Tiada sesuatu yang disesali oleh penghuni surga kecuali satu jam yang mereka lewatkan (di dunia) tanpa mereka gunakan untuk berdzikir kepada Allah SWT Azza wajalla (HR.Ad-Dailani).

4. Aku (Rasulullah SAW) bertemu (Nabi) Ibrahim ketika Isra', Dia berkata, Ya Muhammad, sampaikan salamku kepada umatmu dan beritahukan mereka :
"Sesungguhnya surga itu baik lahannya, tawar airnya, lembah-lembahan datar dan tanamannya, 'subhallah walhamdullillah walailaha illallah wallahu akbar'." [Hadist ini tidak dituliskan siapa yang meriwayatkannya.]

5. Tidak ada di surga sesuatu yang sama seperti yang ada di dunia kecuali nama-nama orang. (Ath.Thabrani)

6. Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah SWT berpirman : "Aku menyiapkan untuk hamba-hamba-KU yang shaleh apa-apa yang belum pernah dilihat oleh mata, didengar oleh telinga dan belum pernah terlintas dalam benak manusia. Oleh karena itu bacalah kalu kamu suka ayat"
"Seorangpun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan (As-Sajadah:17)" (Mutafaq'alaihi)

7. Penghuni neraka ialah orang yang buruk prilaku dan akhlaqnya dan orang yang berjalan dengan sombong, sombong terhadap orang lain, menumpuk harta kekayaan dan bersipat kikir. Adapun penghuni surga ialah rakyat yang lemah, yang selalu dikalahkan. (HR.Al Hakim dan Ahmad)

8. Azab paling ringan di Neraka pada hari kiamat ialah dua butir bara api dikedua telapak kakinya yang dapat merebus otak. (HR.Tirmidzi)

9. Api anak Adam yang biasa dipakai untuk memasak adalah bagian dari tujuh puluh bagian api neraka.| artinya, panas di Neraka 70 kali lipat panas api di Dunia |. (HR.Bukhari)

10.Nabi SAW masuk surga, orang yang mati syahid, anak yang belum dewasa (Baligh) dan anak perempuan kecil yang dikubur hidup-hidup masuk surga juga. (HR.Abu Dawud)

Demikanlah penjelasan tentang Surga dan Neraka menurut Hadist yang insallah Syahih Semoga Bermanfaat.

10 Hadist Tentang Surga dan Neraka

Kata Kunci
Penghuni Neraka Jahanam, Ceramah, Download MP3 Ceramah

BERBAGI :